About Us

RPM Express merupakan jasa pengiriman expedisi cargo murah profesional yang berpengalaman, terpercaya serta amanah dalam menangani pengiriman barang cargo logistik dan menjadi perusahaan terdepan expedisi cargo. RPM Express spesialis expedisi cargo murah jawa tengah, bahkan pengiriman keseluruh Indonesia dengan ongkos kirim mulai Rp2.000/kg dan minimal 10kg.

Contact Us

Mengenal Apa Itu Cargo, Jenis, dan Syarat Pengiriman Cargo

cargo adalah

Mengenal Apa Itu Cargo, Jenis, dan Syarat Pengiriman Cargo

Apa sih, yang terlintas di benak Anda ketika istilah cargo diucapkan oleh salah seorang lawan bicara? Apakah Anda akan langsung tertuju pada ekspedisi, paket, atau pengiriman barang? Tidak salah, pada dasarnya cargo adalah sebutan untuk pengiriman barang dalam jumlah atau muatan yang besar. Agar tahu lebih jelas tentang kargo, segera simak ulasan berikut sampai tuntas!

Apa Itu Cargo?

Umumnya, orang mengetahui bahwa cargo adalah barang dalam jumlah banyak atau skala muatan besar yang akan dikirimkan ke alamat tertuju dengan jarak tempuh yang lumayan jauh. Misalnya, pengiriman antar kota, provinsi, bahkan antar negara. Pengiriman barang bermuatan besar tersebut bisa dilakukan via darat, laut, dan juga udara.

Pengiriman cargo adalah jenis jasa pengiriman yang saat ini telah banyak ditawarkan oleh hampir semua ekspedisi lokal maupun interlokal yang ada di Indonesia. Syarat dan ketentuan yang diberlakukan juga sangat bervariasi, tergantung jenis cargo dan ekspedisi pengirimnya. 

Untuk jenis barang yang dikirimkan pun juga sangat beragam, mulai dari kebutuhan pangan, sandang, bahkan sampai dengan moda transportasi. Ongkos kirim masing-masing barang tersebut juga sangat bervariasi, tergantung dengan berat dan jenis barang yang dikirimkan. Pengirim dapat mengirimkan barang ke alamat tertuju melalui jasa cargo asalkan barang yang dikirim telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Punya Pertanyaan?

Percayakan Pengiriman Barang Anda Kepada Kami

Kami Siap membantu sesuai dengan kebutuhan Anda serta untuk mengetahui lebih banyak tentang layanan, Tarif serta Promo dalam setiap pengiriman.

Jenis – Jenis Cargo

Setelah mengetahui definisi cargo adalah jenis pengiriman barang dalam skala besar, berikutnya akan dijelaskan perihal jenis-jenis cargo yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Adapun jenis-jenis cargo akan dibagi menjadi dua yakni jenis pengiriman dan jenis barang yang dapat dikirimkan melalui jasa cargo.  

  • Jenis Pengiriman Cargo

Adapun jenis-jenis pengiriman cargo adalah pengiriman via darat, laut, dan udara. Masing-masing jenis pengiriman tersebut menggunakan moda transportasi yang berbeda. Selain jarak tempuh, jenis transportasi yang digunakan untuk mengirimkan cargo juga akan mempengaruhi perbedaan ongkos kirim.

Untuk pengiriman darat, biasanya cargo dikirimkan menggunakan mobil box, truk, bus, atau kalog (kereta api logistik). Pengiriman via darat akan digunakan oleh penyedia jasa cargo jika alamat yang dituju masih tertempuh dan dapat dilalui oleh jenis kendaraan cargo yang digunakan. Misalnya, pengiriman cargo antar kota atau antar provinsi yang masih dalam satu pulau. 

Sedangkan pengiriman cargo via laut adalah jenis pengiriman yang akan dilakukan jika alamat yang dituju memiliki cakupan yang cukup jauh. Seperti misalnya pengiriman barang industri antar pulau atau pengiriman cargo dari suatu negara ke negara lain. Jenis pengiriman laut banyak digunakan oleh jasa cargo karena karena ruang yang tersedia cukup banyak dan hampir tidak memiliki batasan

Jenis pengiriman yang ketiga, yakni cargo via udara merupakan jenis pengiriman barang dalam skala besar yang akan dilakukan menggunakan moda transportasi pesawat terbang. Agak berbeda dengan dua jenis pengiriman terdahulu, untuk pengiriman barang via udara harus menyertakan SMU atau AWB. SMU adalah singkatan dari Surat Muat Udara sedangkan AWB adalah singkatan dari Airwaybill. 

Cargo udara adalah jenis pengiriman lewat cargo yang mengutamakan kecepatan. Anda hanya perlu menunggu 2 sampa dengan 3 hari agar barang sampai di alamat tujuan. Namun, jika menggunakan jenis cargo ini, Anda perlu merogoh kocek lebih banyak daripada jenis kargo lainya. Tak hanya itu, muatan yang dikirimkan melalui cargo udara juga akan lebih dibatasi.

Jenis Barang Cargo

Selain jenis pengiriman ada jenis barang yang dikirimkan melalui jasa cargo juga diklasifikasikan menjadi 2 golongan. Apa saja golongan tersebut? Golongan yang pertama adalah general cargo dan yang kedua special cargo. Adapun pengertian dari jenis barang general cargo adalah barang yang dikirimkan secara regular atau tidak memerlukan penanganan khusus. 

Tetapi pengiriman tersebut juga harus memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh jasa penyedia. Sedangkan special cargo adalah barang yang dikirimkan dalam jumlah besar, yang memerlukan penanganan khusus. Penganan tersebut bertujuan agar pengiriman yang dilakukan tidak mengganggu atau membahayakan barang lain pada saat perjalanan menuju lokasi. Adapun barang yang memerlukan penanganan khusus adalah:

  1. Barang yang mudah meledak atau explosive material. Misalnya saja petasan, gas, atau amunisi lain yang mengandung zat kimia yang mudah meledak.

  2. Flammable goods. Barang yang mudah terbakar tersebut contohnya adalah oksigen.

  3. Wet freight. Barang-barang berbentuk cairan atau benda padat yang bercampur cairan seperti udang basah, telur, dan bahan pangan lain juga memerlukan penanganan khusus.

  4. Perishable goods. Barang yang mudah membusuk atau hancur ini contohnya adalah buah dan bunga segar.

  5. Dangerous when wet. Contoh barang yang mudah meledak ketika basah adalah karbit.

  6. Live animal. Selain benda-benda yang mengandung zat kimia, hewan hidup seperti sapi, ikan hias, anjing, burung, dan kucing juga perlu penanganan khusus.

  7. Human remains. Pengangkutan jasad, abu kremasi, mumi, juga harus melalui penanganan khusus terlebih dahulu.

  8. Irritant material. Barang yang dapat merangsang cargo adalah alkohol, spiritus, dan gas.

  9. Dan lain-lain.

 

Syarat Pengiriman Cargo

Berikutnya, untuk dapat mengirimkan cargo Anda harus mengetahui syarat dan ketentuan masing-masing jasa pengiriman. Adapun syarat umum pengiriman cargo, baik melalui darat, laut, dan udara, di antaranya adalah sebagai berikut: 

  • Berat minimal. Untuk bisa menggunakan jasa pengiriman cargo biasanya masing-masing penyedia jasa mensyaratan adanya berat minimal barang. Beberapa batas yang diterapkan oleh jasa pengiriman cargo adalah 2 kg, 8 kg, bahkan 12 kg. Hal tersebut tergantung dari kebijakan masing-masing jasa. Jika karang dari berat yang disyaratkan maka, paket tersebut tidak bisa digolongkan ke dalam jenis pengiriman cargo dan harus dikirim menggunakan paket biasa.

  • Packing. Selain berat minimal, barang cargo juga harus dikirim dengan packing aman. Sebab, jika terjadi kerusakan jasa pengiriman tidak bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

  • Menggunakan asuransi. Berikutnya, syarat terakhir dalam hal pengiriman barang cargo adalah asuransi. Tidak semua jenis pengiriman mensyaratkan pengirim untuk menggunakan asuransi. Namun, alangkah baiknya, syarat ini dipenuhi. Kenapa? Jika suatu ketika barang yang dikirim mengalami kerusakan, pihak pengirim dapat melakukan klaim.

 

Customer Services

Percayakan Pengiriman Barang Anda Kepada Kami. Konsultasi Sekarang!

Cek Tarif Pengirman

Cek tarif layanan Rpm Express kargo Murah Ekspedisi ke Seluruh
Indonesia

Sudah Mengenal Apa Itu Cargo?

Bagaimana, sampai di sini apakah Anda sudah paham perihal cargo dan segala macam jenis pengiriman serta persyaratan yang harus dipenuhi ketika akan mengirimkan barang menggunakan jasa tersebut? Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa cargo adalah jenis pengiriman barang dalam sala besar yang harus ada batas minimalnya. Batas tersebut biasanya diterapkan pada keseluruhan berat barang yang akan dikirim.

Jenis pengiriman cargo terdiri dari pengiriman via darat, laut, dan udara. Sedangkan barang yang dikirim menggunakan jasa cargo digolongkan menjadi 2, yakni general cargo dan special cargo. Untuk special cargo, sebelum dikirim barang harus ditangani secara khusus.  

Adapun syarat yang harus dipenuhi agar barang dapat dikirim menggunakan jasa cargo adalah, memenuhi berat minimal, packagingnya aman, dan telah diasuransikan. Penyedia jasa cargo tidak menanggung segala kerusakan yang terjadi pada barang yang dikirim. Oleh sebab itu, sebelum barang benar-benar dikirimkan, patuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Leave a Reply