About Us

RPM Express merupakan jasa pengiriman expedisi cargo murah profesional yang berpengalaman, terpercaya serta amanah dalam menangani pengiriman barang cargo logistik dan menjadi perusahaan terdepan expedisi cargo. RPM Express spesialis expedisi cargo murah jawa tengah, bahkan pengiriman keseluruh Indonesia dengan ongkos kirim mulai Rp2.000/kg dan minimal 10kg.

Contact Us

7 Fungsi Manajemen Logistik Wajib Anda Ketahui

7 Fungsi Manajemen Logistik Wajib Anda Ketahui

Manajemen logistik merupakan sebuah pengaplikasian dalam segala tata kelola kegiatan logistik guna menggerakkan personil serta barang agar dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Nah, manajemen logistik sendiri dapat berjalan jika terdapat sistem yang mampu mengkoordinir kegiatan logistik yang tentunya sistematis dalam sebuah perusahaan.

Secara garis besar aktivitas logistik ini meliputi beberapa kegiatan, seperti pengiriman, pemindahan, penyimpanan, serta ekspedisi. Selanjutnya, memiliki jasa ekspedisi jadi salah satu fungsi manajemen dengan pemilihan yang tepat tentunya akan membuat jalur pendistribusian berjalan lancar.

7 Fungsi Manajemen Logistik

Manajemen logistik sendiri memiliki beberapa fungsi penting yang berkaitan satu dengan lainnya. Berikut pemaparan beberapa fungsi manajemen logistik yang perlu Anda ketahui.

  1. Fungsi Perencanaan dan Pemenuhan Kebutuhan 

Secara umum, manajemen logistik adalah memiliki fungsi sebagai suatu perencanaan serta penentu kebutuhan dalam setiap perusahaan. Hal itu meliputi analisa produk, skala prioritas, serta ketersediaan produk. Aktivitas perencanaan pun perlu memperhatikan anggaran, agar proses pemenuhan kebutuhan tidak berantakan atau istilahnya amburadul.

  1. Fungsi Penganggaran

Fungsi penganggaran bertujuan untuk memastikan bahwa kegiatan pengadaan barang nantinya sesuai dengan anggaran perusahaan. Anggaran ini dibuat dengan penuh ketelitian dan tentunya tidak mudah, karena jika tidak sesuai maka harus dilakukan perbaikan pada perencanaannya.

  1. Fungsi Pengadaan

Salah satu fungsi manajemen logistik adalah pengadaan yang menjadi fokus penting untuk diperhatikan. Saat terjadi ketidak sesuaian dengan perencanaan anggaran tentunya akan sulit mengubahnya. Namun, pihak manajemen dapat mengatasinya dengan melakukan improvisasi guna mengelola aktivitas logistik sesuai dengan anggaran yang terbatas.

  1. Fungsi Penyimpanan dan Penyaluran

Menyimpan barang pada tempat yang seharusnya merupakan fungsi penyimpanan manajemen logistik. Selanjutnya, barang tersebut disalurkan kepada pihak-pihak yang berkaitan dengan barang itu. Nah, inilah yang dimaksud dengan fungsi penyaluran manajemen logistik. Namun, dalam proses ini harus memperhatikan SOP yang berlaku.

  1. Fungsi Pemeliharaan

Fungsi termasuk bagian terpenting, karena barang yang ada harus ada dalam pengawasan dan perawatan agar terhindar dari kerusakan. Tujuannya jelas, untuk memastikan barang tersimpan dengan baik. Inilah mengapa manajemen logistik perlu menjalani fungsi pemeliharaan dengan optimal.

  1. Fungsi penghapusan

Manajemen logistik memiliki fungsi penghapusan yang artinya adalah usaha-usaha pembebasan barang yang rusak dari kewajiban yang berlaku. Intinya, fungsi ini menghapus barang karena rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi. Bisa dikatakan barang itu sudah tua dari segi ekonomis maupun teknis, hilang, susut atau hal lain menurut UU yang berlaku.

  1. Fungsi pengendalian

Fungsi terakhir dari manajemen logistik adalah fungsi pengendalian. Fungsi ini merupakan usaha untuk mengawasi dan mengamankan seluruh pengelolaan logistik. Selain itu, terdapat kegiatan-kegiatan pengendalian yang dilakukan oleh seorang manajer logistik. Tujuannya untuk memastikan seluruh fungsi logistik berjalan sesuai dengan harapan.

Expedisi Jawa Tengah

Customer Services

Percayakan Pengiriman Barang Anda Kepada Kami. Konsultasi Sekarang!

Cek Tarif Pengirman

Cek tarif layanan RPM Express kargo Murah Ekspedisi ke Seluruh Indonesia

Manfaat Manajemen Logistik

Jika membahas tentang logistik memang tidak akan jauh dari kata persediaan, karena keduanya saling berkaitan. Seperti halnya hadirnya manajemen logistik sebagai pendukung untuk menjaga jumlah persediaan. Adanya manajemen logistik yang baik tentunya akan memberikan manfaat bagi perusahaan. Yuk simak manfaat lain dari manajemen logistik ini.

  1. Persediaan 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa manajemen logistik berperan penting dalam menjaga persediaan barang. Sehingga akan membuat perusahaan beroperasi secara lancar, karena segala kebutuhan perusahaan terpenuhi dengan baik. Bayangkan jika urusan persediaan barang ini tidak sistematis, maka perusahaan akan berarakan.

  1. Transportasi

Manfaat selanjutnya dari manajemen logistik adalah sebagai penyalur barang. Maka, perusahaan harus mempunyai layanan transportasi guna membantu mobilitas perusahaan. Seperti contoh ketika sedang menyalurkan barang, agar berjalan dengan lancar yang dibutuhkan adalah alat transportasi.

  1. Fasilitas

Bukan hanya transportasi, adanya fasilitas yang memadai mampu membuat kerja manajemen logistik menjadi optimal. Fasilitas ini harus disesuaikan dengan kebutuhan. Adanya manajemen logistik inilah yang membantu perusahaan mengetahui apa saja yang harus disediakan dalam mendukung kegiatan perusahaan.

  1. Layanan

Adanya manajemen logistik memberikan layanan dalam segala hal. Bukan hanya untuk konsumen, tetapi juga semua pihak yang berkaitan. Pelayanan yang baik tentu akan diberikan agar perusahaan mendapat hasil yang baik pula. Apabila manajemen logistik tidak mampu memberikan manfaat satu ini, bisa dipastikan akan berdampak buruk pada perusahaan.

  1. Manajemen dan Administrasi

Semua aktivitas manajemen tentunya selalu dibarengi dengan adanya administrasi, dua hal ini berkaitan cukup erat. Hal ini akan memastikan tercatatnya seluruh informasi kegiatan logistik secara baik dan teratur. Sehingga operasional perusahaan terjamin kelancarannya, karena manajemen logistik menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

  1. Inbound Transportasi

Pergerakan barang serta bahan baku dari pemasok ke perusahaan merupakan arti dari istilah inbound transportasi. Maka dari itu, tentunya perusahaan akan berpotensi bekerja sama dengan pemasok terbaik sesuai dengan yang dibutuhkan. Pemasok terbaik akan memiliki kualitas bahan baku terbaik pula.

  1. Outbound Transportasi

Jika inbound transportasi menangani distribusi barang dari pemasok ke perusahaan, maka outbound transportasi distribusi barang dari perusahaan ke konsumen. Nah, manajemen logistik ini menjamin keuntungan bagi perusahaan karena memastikan transaksi terlaksana dengan baik.

  1. Pemecahan Masalah

Masalah memang tidak bisa dihindari, termasuk ketika proses penyediaan barang. Namun, manajemen logistik hadir dengan membawa manfaat berupa penyelesaian masalah yang terjadi dengan baik. Contoh masalah ini adalah seperti adanya kesulitan perusahaan dalam pemenuhan keinginan customer.

  1. Pemberian Informasi Pelanggan

Pelanggan berhak mengetahui tentang rincian pengiriman yang diproses. Dalam manajemen logistik telah tersedia ini informasi yang dapat dinikmati pelanggan dari perusahaan. Hal ini tentunya akan menambah kepercayaan dari konsumen karena mendapat pelayanan yang baik.

PROMO Hanya untuk anda

Itulah pembahasan tentang pengertian manajemen logistik, fungsi, serta manfaatnya yang perlu Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan partner logistik dengan manajemen logistik yang baik sesuai dengan pembahasan di atas, RPM Express solusinya. RPM Express merupakan jasa pengiriman cargo logistik yang berpengalaman serta terpercaya.

Ongkir pengiriman barang ke Jawa Tengah

KOTA / KECAMATANHARGAMin KgLeadTime
SemarangRp2.800101-2
UngaranRp6.500502-3
DemakRp5.600502-3
KendalRp5.600502-3
PurwodadiRp10.500502-3
KudusRp6.500502-3
JeparaRp8.500502-3
TemanggungRp4.000302-3
PatiRp8.500502-3
BatangRp6.000301-2
PekalonganRp2.800101-2
WonosoboRp5.600502-3
RembangRp9.500753-4
BloraRp9.500753-4
MijenRp7.500302-3
TembalangRp6.000301-2
BanyumanikRp4.700301-2
NgalianRp6.000301-2
BergasRp6.500501-2
YogyakartaRp2.800101-2
SlemanRp6.000302-3
BantulRp6.000302-3
WatesRp6.000302-3
MungkidRp2.800502-3
WonosariRp8.500502-3
Gunung KidulRp8.500502-3
MagelangRp2.800101-2
PurworejoRp5.600502-3
Surakarta (SOLO)Rp2.800101-2
SukoharjoRp5.600502-3
KaranganyarRp6.500502-3
BoyolaliRp6.500502-3
SragenRp8.500502-3
KlatenRp6.500502-3
SalatigaRp2.800101-2
WonogiriRp7.500302-3
TegalRp2.800101-2
BrebesRp6.000301-2
SlawiRp6.000301-2

RPM Express mampu memberikan pelayanan yang optimal untuk seluruh Indonesia. Dengan tim yang terbentuk secara profesional, sehingga memiliki manajemen yang menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Anda juga tidak perlu khawatir dengan barang Anda, karena RPM Express akan menjaga barang Anda selamat sampai tujuan.

Anda juga tidak akan kesulitan dalam memperoleh informasi, karena perusahaan akan memberikan kemudahan seperti informasi layanan, tarif hingga after service. Tidak hanya itu, dengan menggunakan ekspedisi RPM Express Anda akan mendapatkan real time tracking untuk cek lokasi barang melalui sistem perusahaan.

Satu lagi yang tidak kalah menarik, bahwa tidak ada biaya tersembunyi karena semua dilakukan secara transparansi. Tarifnya pun sangat terjangkau dan relatif murah, Anda dapat mengirimnya ke seluruh Indonesia. Pelayanan ramah dan terbaik akan diberikan oleh RPM Express untuk Anda. Jadi, apalagi yang perlu dikhawatirkan?

Punya Pertanyaan?

Percayakan Pengiriman Barang Anda Kepada Kami

Kami Siap membantu sesuai dengan kebutuhan Anda serta untuk mengetahui lebih banyak tentang layanan, Tarif serta Promo dalam setiap pengiriman.

Berikan Rating
5/5

Leave a Reply