5 Bahan-bahan Untuk Packing Barang Dalam Pengiriman Paket

macam-macam bahan packing

Pada zaman teknologi sekarang ini, Anda sudah dimudahkan dengan berbagai macam kemudahan yang Anda dapatkan, salah satunya sekarang Anda tidak perlu susah-susah untuk pergi ke tempat penjualan untuk membeli barang yang Anda perlukan. 

Sudah tersedia jasa layanan online yang tersebar di internet, banyak yang membuka binis online. Sebelum Anda membuka bisnis online, Anda perlu mengetahui bahan packing barang, itu merupakan ilmu dasar sebelum Anda membuka usaha online shop. 

Bahan-bahan Packing barang bukanlah suatu hal yang Anda harus sepelekan, apabila salah dalam mempacking suatu barang, barang tersebut bisa rusak dan mengecewakan penerima barang tersebut. 

Yuk baca artikel ini, karena kami akan membagikan tips ke Anda, bahan bahan packing apa saja yang harus Anda gunakan untuk mempacking barang, yuk Anda simak!

Baca Juga: Jasa Cargo Ekspedisi Dari Jakarta Ke Semarang

Berikut 5 bahan-bahan untuk packing barang

 

  • Kardus

Sudah tidak perlu dipungkiri lagi bahwa kerdus adalah bahan yang paling sering digunakan orang-orang sebagai barang Andalan untuk packing barang.

Kardus sering digunakan karena bentuknya yang besar, sangat cocok untuk membungkus barang-barang yang berukuran besar.

kardus dengan ukurannya yang besar bisa menampung barang dengan jumlah barang.

Dengan menggunakan kardus Anda bisa mengirimkan barang dengan berbagai jenis bentuk barang, baik barang berat maupun barang ringan seperti makanan atau snack.

Kardus memiliki ukuran yang tebal juga sehingga aman untuk mengirimkan barang, apabila Anda masih merasa bahwa dengan satu kardus saja tidak aman maka Anda bisa 

menambahkan kardus lagi untuk melapisi kardus yang sebelumnya Anda gunakan dengan menggunakan dua lapis kardus akan lebih aman.

Baca Juga: Jasa Pengiriman Cargo Jakarta Yogyakarta 

 

  •  Kertas

Apabila Anda ingin mengirimkan barang dengan jumlah kecil, kertas sangat cocok untuk Anda gunakan. Kertas juga sering digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan amplop sebagai pelapis dari dokumen.

Tidak hanya dokumen, amplop juga bisa berguna untuk mengirimkan surat, untuk orang sering melakukan aktivitas surat menyurat.

Penyedia jasa online shop sering juga menggunakan kertas koran sebagai pelapis untuk barang,

seperti mengirimkan peralatan rumah tangga layaknya piring, gelas, mangkuk dll. 

Kertas koran juga sering digunakan sebagai pelindung kaca sebagai pelapis untuk mengcover agar menghindari pecahan kaca.

Kertas juga bisa digunakan sebagai pelindung untuk sudut-sudut barang agar terjaga dari benturan, berguna sebagai pengganjal yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga: Cargo Ekspedisi Jakarta Balikpapan

 

  • Bubble Wrap

Bubble wrap adalah salah satu dari bahan bahan untuk packing paling aman untuk digunakan. Bubble wrap dapat digunakan sebagai extra pelindung untuk barang yang Anda akan kirim. 

Fungsi dari bubble wrap sendiri sering digunakan sebagai pelindung baik mengcover barang secara langsung atau bisa juga digunakan sebagai cover untuk bagian luar dari barang, seperti sebagai cover agar kardus tidak rusak, atau mengalami kebocoran. 

Bubble wrap merupakan bahan yang sangat direkomendasikan sebagai pengaman agar barang lebih aman dan terjaga baik di dalam kemasan. 

Tekstur dari Bubble Wrap empuk dengan gelembung yang terdapat pada lapisannya, menjaga barang tidak akan terbentur dengan keras apabila membentur lapisan yang keras.

Baca Juga: Ekspedisi Jasa Pengiriman Cargo Jakarta Denpasar Bali

 

  • Lakban dan Solasi

Lakban dan solasi merupakan barang yang mempunyai peran penting dalam bahan-bahan untuk packing.

Lakban dan solasi sebagai perekat cover dari barang terbelah dua, dengan lakban Anda bisa menutup permukaan kardus yang terdiri dari dua sisi berbeda, lakban dan solasi sering digunakan sebagai bagian penutup di lapisan paling penutup, selain untuk merekatkan barang, lakban dan solasi juga bisa digunakan untuk melindungi barang.

Solasi bisa digunakan sebagai cover dari barang, dengan melapisi barang dengan solasi atau lakban dengan di putari lapisan dari barang tersebut, dengan jumlah solasi yang banyak dan tebal, bisa menjadi cover dari barang yang kuat dan aman untuk digunakan. 

Baca Juga: Jasa Ekspedisi Di Jogja Ke Jakarta

 

  • Kayu (Box Kayu)

Dengan menggunakan box kayu barang akan lebih aman dan terjaga dari kerusakan.

Box kayu biasanya digunakan saat pengiriman paket dengan tekstur yang sensitif dan rentan, seperti pengiriman barang-barang elektronik. 

Sudah tidak asing lagi kalau Anda melihat kardus tv yang dilapisi oleh box kayu agar lebih aman dan terjaga.

Karena apabila tidak menggunakan box kayu, dikhawatirkan barang tersebut rusak dan tidak bisa digunakan.

Box kayu mempunyai permukaan yang kuat dan keras, apabila Anda tidak mempunyai box kayu tidak perlu khawatir.

Anda bisa meminta penyedia jasa pengiriman untuk menggunakan box kayu, karena biasanya mereka menyediakan jasa box kayu.

 

Penutup

Bahan-bahan packing diatas merupakan beberapa bahan yang kami rekomendasikan kepada Anda.

Dengan bahan-bahan packing yang sudah penulis rekomendasikan semoga dapat memaksimalkan packingan Anda agar lebih kuat dan aman.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk pembaca dan dapat diaplikasikan dengan baik dalam penggunaannya.

Informasi ini ditulis oleh RPM Express. RPM Express adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman yang siap melayani pengiriman barang-barang anda.

Facebook
WhatsApp

RPM Express

RPM Express merupakan bagian Brand dari PT. Rado Perkasa Mandiri perusahaan bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang domestik, baik darat, laut maupun via udara.

Recent Posts