Pelabuhan Di Pulau Jawa

Pelabuhan, adalah fasilitas atau tempat yang biasanya terletak di pesisir pulau sebagai tempat berlabuhnya kapal untuk menurunkan kargo maupun penumpang. Kebanyakan pelabuhan biasanya dilengkapi dengan berbagai alat berat yang berguna untuk melakukan kegiatan bongkar muat kapal.

Berdasarkan catatan Kementerian Perhubungan pada tahun 2020, Indonesia memiliki 2.439 pelabuhan. Hadirnya pelabuhan, terutama di Indonesia sangat penting bagi pebisnis cargo. Hal ini dikarenakan pelabuhan menjadi salah satu pintu masuk dan keluarnya barang dari satu pulau ke pulau lainnya.

Baca Juga: Jasa Cargo Jakarta Ternate Aman Dan Terpercaya Via Kapal Laut 

Penting bagi Anda pebisnis cargo mengetahui pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia terlebih pelabuhan di pulau jawa. Sebab, sebagai salah satu negara kepulauan suplai kebutuhan pokok ke seluruh daerah adalah yang utama. Sehingga kesempatan ini dapat memperbesar peluang Anda, pebisnis cargo, dalam membantu berbagai macam distribusi kebutuhan pokok. 

Maka dari itu, berikut daftar pelabuhan di pulau jawa terbesar, yang harus Anda ketahui selaku pebisnis cargo guna mempermudah pengiriman Anda.

Baca Juga: Cargo Ekspedisi dari Jakarta Ke Sampit 

  • Tanjung Priok

Pelabuhan Tanjung Priok, mendapatkan julukan pelabuhan tersibuk dan salah satu yang terbesar di Indonesia, sebanyak 50% arus lalu lintas barang masuk keluar di Indonesia melewati pelabuhan ini. Dengan intensitas kesibukan yang tinggi, menjadikan pelabuhan Tanjung Priok barometer perekonomian di Indonesia. Pelabuhan Tanjung Priok memiliki luas lahan sebesar 929 hektar.

Baca Juga: Jasa Cargo Jakarta Balikpapan Aman Dan Terpercaya

Pelabuhan yang terletak di Jakarta Utara ini menyediakan fasilitas lengkap yang mampu terhubung ke seluruh kota di Indonesia. Tidak hanya pengiriman nasional, teknologi canggih dan termutakhir ini memungkinkan Tanjung Priok melayani banyak kapal menuju berbagai pusat perdagangan internasional, demi memenuhi kebutuhan ekspor dan impor.

Baca Juga: Jasa Cargo Jakarta Semarang Aman Dan Terpercaya

  • Merak 

Pelabuhan kedua adalah pelabuhan Merak. Pelabuhan penghubung pulau Jawa dan Sumatera yang dipisahkan oleh selat sunda ini terletak di Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. Pelabuhan Merak per harinya melayani ratusan arus penumpang dan barang, dari ataupun ke Sumatera yang dihubungkan melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung. 

Baca Juga: Cargo Ekspedisi dari Jakarta Ke Pangkalan Bun

Pelabuhan ini seringkali melayani penumpang yang ingin menyeberang pulau dari Jawa ke Sumatera ataupun sebaliknya. Sehingga perharinya, pelabuhan satu ini dapat melayani hingga 50 ribu penumpang dan 10 ribu kendaraan. Angka ini sangat memungkinkan bagi pelabuhan Merak, karena luas yang dimiliki pelabuhan ini sebesar 15 hektar.  

Baca Juga: Jasa Cargo Jakarta Denpasar Bali Aman Dan Terpercaya

  • Tanjung Perak

Destinasi paling terkenal di kalangan pebisnis cargo, Pelabuhan Tanjung Perak yang berlokasi di Surabaya ini merupakan pelabuhan tersibuk kedua di Indonesia setelah Tanjung Priok. Pelabuhan satu ini dijadikan sebagai pusat pengiriman dan penerimaan barang untuk Indonesia timur. 

Baca Juga: Ekspedisi Murah dari Jogja ke Jakarta Aman Terpercaya

Tidak hanya sebagai layanan berlabuhnya barang, pelabuhan satu ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata Anda. Fasilitas seperti kantin, ruang tunggu, dan lain sebagainya disediakan oleh pihak pengelola agar Anda dapat menikmati pemandangan laut dengan nyaman.

Mulai dari aktivitas pengiriman hingga wisata dapat dilakukan melalui pelabuhan ini. Hal tersebut sangatlah memungkinkan sebab pelabuhan Tanjung Perak memiliki luas yang cukup besar, yaitu 915 hektar. 

Baca Juga: Cargo Ekspedisi dari Jakarta Ke Sampit 

  • Tanjung Mas

Pelabuhan selanjutnya adalah Pelabuhan Tanjung Mas. Berlokasi di tepi kota Semarang, Jawa Tengah pelabuhan ini sudah ada sejak 1985. Pelabuhan yang terletak 5 km dari Tugu Muda ini, pada awalnya dibangun oleh Belanda untuk mengekspor gula dan produk pangan lainnya yang ada di jawa Tengah. Saat ini, pelabuhan Tanjung Mas memiliki luas daratan sebesar 500 hektar dan luas perairan sebesar 400 hektar.    

Baca Juga: Jasa Pengiriman Cargo Jakarta Yogyakarta Tarif Termurah

  • Sunda Kelapa

Pelabuhan terakhir adalah Pelabuhan Sunda Kelapa yang terletak di Kotamadya Jakarta Utara. Pelabuhan satu ini menjadi salah satu yang penting untuk Indonesia, beda halnya dengan Tanjung Priok. Pelabuhan satu ini diperuntukan untuk menerima dan melayani kapal dengan ukuran yang lebih kecil untuk kepentingan pengiriman antar pulau. 

Pelabuhan Sunda Kelapa memiliki luas 59 hektar, dengan luas perairannya yang mencapai 1.333 hektar. Melalui pelabuhan ini banyak bahan pokok dan sembako yang dikirimkan dari Jawa ke Pulau lainnya di Indonesia. Tidak hanya mengirimkan komoditas bahan pokok, pelabuhan ini juga dijadikan sebagai tempat menerima produk dari luar pulau Jawa seperti kopi, hasil laut, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Jasa Cargo Jakarta Jayapura Aman Dan Terpercaya

Penutup 

Demikian lima pelabuhan di pulau Jawa yang dapat membantu proses pengiriman, bagi Anda pebisnis kargo. Untuk Anda yang ingin mengirimkan barang sekaligus ber destinasi wisata Anda dapat memilih pelabuhan Tanjung Perak. 

Namun, untuk Anda yang bukan pebisnis cargo tidak perlu jauh-jauh dan repot untuk mengirimkan barang, gunakanlah jasa pengiriman cargo dari RPM Express

Bersama RPM, pengiriman cargo Anda akan jauh lebih mudah dengan pengiriman via laut yang diakomodasi pelabuhan-pelabuhan terbesar di Indonesia. Sehingga, cargo kiriman Anda akan dikirimkan secara profesional melalui kami. 

Jadi, tunggu apalagi? Gunakan layanan kargo dari RPM Express sekarang juga dan nikmati berbagai layanannya sekarang juga.

Baca Juga: Jasa Cargo Jakarta Solo Aman Dan Terpercaya

Leave A Comment