About Us

RPM Express merupakan jasa pengiriman expedisi cargo murah profesional yang berpengalaman, terpercaya serta amanah dalam menangani pengiriman barang cargo logistik dan menjadi perusahaan terdepan expedisi cargo. RPM Express spesialis expedisi cargo murah jawa tengah, bahkan pengiriman keseluruh Indonesia dengan ongkos kirim mulai Rp2.000/kg dan minimal 10kg.

Contact Us

Ketahui Pengertian dan Cara Packing Barang yang Benar dan Aman

packing

Ketahui Pengertian dan Cara Packing Barang yang Benar dan Aman

Packing atau membungkus barang adalah suatu hal yang wajib Anda lakukan saat hendak mengirimkan barang melalui ekspedisi. Dalam dunia bisnis online, cara packing barang harus Anda perhatikan dengan baik agar barang yang dikemas terhindar dari kerusakan. Dengan begitu, bisnis yang Anda jalankan akan mendapatkan ulasan yang baik dari konsumen.

Ada banyak cara packing yang benar dan aman dengan berbagai macam bahan pembungkus yang dapat disesuaikan dengan jenis barang. Namun, sebelum membahas tentang cara packing yang baik dan benar, yuk simak dahulu pengertiannya berikut ini.

Pengertian Packing

Packing adalah suatu istilah yang seringkali diucapkan ketika seseorang ingin memproses barang menggunakan kemasan agar lebih aman. Sehingga, packing juga dapat diartikan sebagai proses pengepakan barang agar siap dikirim atau didistribusikan ke tempat atau kota lainnya. 

Packing harus dipersiapkan dengan baik agar barang yang diproduksi dapat sampai ke tangan konsumen tanpa ada cacat atau kerusakan. Oleh sebab itu, packing harus dilakukan dengan baik dan benar untuk memastikan setiap barang yang dikirim tetap memiliki kualitas yang sempurna. Dimana, balutan packing ini juga harus memperhatikan jenis produknya.

Expedisi Jawa Tengah

Cara Packing Barang yang Benar dan Aman

Ada beberapa tahapan packing barang yang baik dan benar untuk memastikan barang yang dikirim terjaga kualitasnya dan terhindar dari ulasan negatif konsumen. Cara di bawah ini sebaiknya Anda lakukan secara bertahap untuk mendapatkan keamanan optimal.

1. Ketahui Karakteristik Jenis Barang

Cara packing pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui jenis barang yang akan dikemas. Misalnya, untuk barang pecah belah seperti piring kaca, guci, keramik, dan sebagainya harus mendapatkan perhatian ekstra. Terlebih, jika barang yang dikirim adalah barang-barang mewah yang sangat rawan terjadi lecet ketika pengiriman.

2. Memilih Bahan Pembungkus yang Tepat

Setelah mengetahui karakteristiknya, Anda juga harus memilih bahan pembungkus yang tepat sesuai jenis barang tersebut. Berikut ini beberapa cara packing paket sesuai jenis barang.

PROMO Hanya untuk anda

  • Amplop

Amplop merupakan salah satu cara packing barang yang bisa Anda pilih untuk mengemas surat-surat atau dokumen penting agar tidak mudah kusut atau terlipat. Sehingga, pastikan amplop yang dipilih memiliki ukuran yang sesuai dengan dokumen, serta harus tersegel dengan rapi dan kuat.

  • Koran

Kertas koran adalah sejenis barang serbaguna yang bisa pula Anda gunakan untuk membungkus barang kiriman. Karena tekstur kertas yang tipis dan mudah sobek, lebih disarankan dipakai untuk membungkus produk-produk fashion yang tak membutuhkan keamanan tinggi.

  • Plastik

Nah, Anda juga dapat menggunakan plastik sebagai bahan pembungkus barang yang tidak mudah mengalami kerusakan. Umumnya, plastik yang digunakan memiliki warna hitam agar produknya tidak keliatan jelas di bagian luarnya. Bahan plastik ini sangat direkomendasikan, sebab mampu melindungi produk dari panas dan hujan.

  • Kardus

Kardus menjadi salah satu bahan pembungkus barang yang paling sering digunakan karena lebih praktis dan tidak mudah rusak. Nah, untuk menghemat container pengiriman, sebaiknya potong ukuran kardus sesuai ukuran barang yang dikirimkan.

3. Gunakan Perlindungan Ekstra untuk Barang Pecah Belah

Barang-barang mewah dan elektronik harus diberikan perlindungan ekstra untuk mencegah terjadi rusak atau pecah. Misalnya, untuk produk elektronik seperti laptop dan smartphone disarankan menggunakan bubble wrap di sisi dalamnya. Sedangkan kayu di sisi luarnya untuk melindungi dari benturan atau guncangan.

Meskipun bersifat lunak, Anda juga dapat menggunakan Styrofoam sebagai pembungkus agar barang tidak mudah penyok. Nah, pastikan packing barang ini terbungkus dengan baik tanpa ada celah yang bisa terkena air.

4. Memberikan Tanda Berupa Stiker Barang Mudah Rusak

Nah, jika produk yang Anda kirimkan sangat rawan terjadi kerusakan. Sebaiknya berilah tanda stiker pada bungkusan barang tersebut yang mudah terlihat dan terbaca. Agar lebih menarik, Anda pun dapat menambahkan stiker khas produk Anda untuk menonjolkan kesan kreatif.

Melalui cara ini terbukti ampuh membantu pengiriman barang terhindar dari complain pelanggan karena pihak pengiriman ekspedisi juga akan lebih memperhatikannya. Dimana, jika Anda mengemasnya dengan tanda stiker ini maka kurir barang tidak akan melempar atau membantingnya dalam proses pengiriman.

5. Menggunakan Layanan Full Truckload

Jasa pengiriman ekspedisi kini juga menyediakan layanan Full Trucload atau FT. Biasanya digunakan untuk mengirimkan paket barang berukuran besar atau dalam jumlah banyak dalam satu angkutan truk. Sehingga, barang yang Anda kirim nantinya tidak akan bercampur dengan barang milik produsen lainnya dengan keamanan yang lebih baik.

6. Menulis Alamat Penerima

Packing barang yang baik dan benar harus menyertakan pula alamat penerima dengan lengkap dan jelas. Sehingga, pastikan Anda sudah mengecek informasi alamatnya dengan benar yang meliputi nama jalan, kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, dan kode pos. 

Hindari typo atau kesalahan dalam penulisan seperti alamat nomor rumah yang ketukar dan lainnya. Selain itu, alamat yang dicantumkan itu harus mudah terbaca untuk memudahkan kurir mengantarkannya.

Customer Services

Percayakan Pengiriman Barang Anda Kepada Kami. Konsultasi Sekarang!

Cek Tarif Pengirman

Cek tarif layanan RPM Express kargo Murah Ekspedisi ke Seluruh Indonesia

7. Menulis Nama Pengirim dan Nomor Telepon

Nah, sebaiknya cantumkan juga keterangan jelas terkait nama pengirim dan nomor telepon agar memudahkan dalam pengiriman. Sebab, cara ini juga dapat menjadi alternatif bagi pengirim paket menemukan alamatnya dengan cara menghubungi penerima jika kesulitan menemukan alamat pengirim.

Agar lebih aman, cara packing ini sebaiknya diketik menggunakan bantuan perangkat komputer dengan font kapital dan size yang dapat terbaca. Kemudian, Anda bisa menempelkannya di kotak packing yang mudah terlihat.

8. Mencantumkan Pesan untuk Konsumen

Agar pelanggan semakin antusias dengan produk dan layanan yang Anda berikan, jangan lupa juga selipkan pesan singkat yang berisi kata-kata manis. Memang, hal ini lebih opsional, namun langkah ini terbukti mampu meningkatkan reputasi brand Anda. Anda dapat menuliskan pesan positif seperti, ‘Have a nice day!’, ‘Thank you for shopping’, dan sebagainya.

9. Gunakan Jasa Pengiriman Ekspedisi Terbaik

Hal yang paling penting dalam mengirimkan barang pesanan adalah memilih jasa pengiriman ekspedisi terbaik. Yaitu jasa yang sudah terbukti mengirimkan barang ke banyak lokasi di Indonesia. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah, karena sangat rentan terhadap kualitas yang diberikan.

Selain itu, ekspedisi yang terpercaya biasanya juga pasti mengadakan garansi pengiriman jika seandainya barang yang dikirim mengalami kerusakan. Dengan memilih jasa ekspedisi terbaik, dijamin Anda akan mendapatkan kualitas pelayanan yang aman, mudah, dan nyaman, dengan banyak promo.

Ongkir pengiriman barang ke Jawa Tengah

KOTA / KECAMATANHARGAMin KgLeadTime
SemarangRp2.800101-2
UngaranRp6.500502-3
DemakRp5.600502-3
KendalRp5.600502-3
PurwodadiRp10.500502-3
KudusRp6.500502-3
JeparaRp8.500502-3
TemanggungRp4.000302-3
PatiRp8.500502-3
BatangRp6.000301-2
PekalonganRp2.800101-2
WonosoboRp5.600502-3
RembangRp9.500753-4
BloraRp9.500753-4
MijenRp7.500302-3
TembalangRp6.000301-2
BanyumanikRp4.700301-2
NgalianRp6.000301-2
BergasRp6.500501-2
YogyakartaRp2.800101-2
SlemanRp6.000302-3
BantulRp6.000302-3
WatesRp6.000302-3
MungkidRp2.800502-3
WonosariRp8.500502-3
Gunung KidulRp8.500502-3
MagelangRp2.800101-2
PurworejoRp5.600502-3
Surakarta (SOLO)Rp2.800101-2
SukoharjoRp5.600502-3
KaranganyarRp6.500502-3
BoyolaliRp6.500502-3
SragenRp8.500502-3
KlatenRp6.500502-3
SalatigaRp2.800101-2
WonogiriRp7.500302-3
TegalRp2.800101-2
BrebesRp6.000301-2
SlawiRp6.000301-2

Gimana, sudah tahu cara packing barang yang baik dan benar? Nah, jika Anda tadi menyimak artikel dengan baik, pasti sekarang tidak akan mengalami kesulitan lagi dalam mengemasnya. Apalagi, kalau Anda menggunakan RPM Express sebagai solusi pengiriman barang yang lebih cepat dan hemat dengan pelayanan terbaik dan terpercaya. Perusahaan yang bernaung di bawah PT Rado Perkasa Mandiri ini sudah memiliki jaringan hingga pelosok Indonesia.

RPM Express memiliki komitmen profesional untuk memberikan pelayanan harga dan kepuasan terbaik demi memenuhi kebutuhan pengiriman barang yang Anda lakukan. Hanya di RPM Express, Anda bisa mendapatkan berbagai penawaran promo cargo dan ekspedisi menarik dengan minimal berat barang 10 kg. untuk informasi lebih lanjut terkait tarif dan informasi tracking dapat menghubungi customer service yang siap menjawab 24 jam penuh.

Punya Pertanyaan?

Percayakan Pengiriman Barang Anda Kepada Kami

Kami Siap membantu sesuai dengan kebutuhan Anda serta untuk mengetahui lebih banyak tentang layanan, Tarif serta Promo dalam setiap pengiriman.

Berikan Rating
5/5

Leave a Reply